uraian materi simdik


1. Bagian-bagian keyboard

    1. Tombol Ketik (Type Writer key)

yaitu tombol untuk pengetikkan. Susunan hurufnya hampir sama dengan susunan tombol pada mesin ketik, hanya perbedaannya, tombol ini mempunyai sifat typematic, artinya akan melakukan perulangan ketik apabila tombolnya ditekan terus menerus.
Yang termasuk dalam bagian ini adalah tombol semua huruf (Q,W,E,R,T,Y dst.) dan tombol-tombol lainnya seperti :
  • Tombol Tab : fungsinya untuk mendorong kursor masuk ke dalam paragraf sesuai indentasi
  • Tombol CapsLock : fungsinya untuk membuat seluruh huruf menjadi huruf kapital (huruf besar). Pada saat Anda menekan tombol ini, maka lampu indikator CapsLock yang terletak di pojok kanan atas keyboard akan menyala, menandakan fungsi CapsLock sedang aktif. Untuk menon-aktifkannya, tekan tombol ini sekali lagi.
  • Tombol Shift : fungsinya antara lain membuat huruf menjadi huruf kapital (huruf besar) sepanjang tombol Shift tetap ditekan, sementara untuk beberapa program, dikombinasikan dengan tombol fungsi, tombol Shift + F1 s/d F12 mempunyai fungsi yang berbeda-beda.
  • Tombol Ctrl dan tombol Alt: untuk beberapa program, dikombinasikan dengan tombol fungsi, + F1 s/d F12, dengan tombol Shift atau dengan huruf, maka akan mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Misalnya pada Word for Windows, Ctrl + B berfungsi untuk mencetak tebal seperti ini, sementara pada Wordstar, untuk mencetak tebal adalah perintahnya adalah Ctrl + PB. Sementara kombinasi tombol Alt + F pada umumnya berfungsi untuk menampilkan menu file.
  • Tombol Backspace : fungsinya untuk mendorong keluar kursor hingga ke batas paling kiri, juga dipakai untuk menghapus per karakter dimulai dari posisi didepan kursor.]
    Tombol Enter fungsinya untuk memberikan konfirmasi kepada komputer terhadap data/perintah yang kita ketik, kebalikan dari fungsi tombol Escape (Esc), yaitu untuk membatalkan perintah.
  • Tombol Escape atau Esc fungsinya untuk membatalkan input melalui keyboard (hanya bisa berfungsi sebelum menekan tombol Enter).

    2. Tombol Fungsi (Function key)

    Letaknya persis diatas tombol ketik , ditandai dengan tombol F1 sampai tombol F12. Masing-masing tombol mempunyai fungsi yang berbeda sesuai dengan aplikasi program yang digunakan. Misalnya saja tombol F10, pada aplikasi program WordStar, berfungsi untuk menyimpan data, sementara pada aplikasi program Lotus, berfungsi untuk menampilkan grafik.

    3. Tombol Pergerakan Kursor (Cursor movement)

    Fungsinya untuk menggerakkan kursor. Terletak di sebelah kanan tombol ketik. Tombol bergambar arah panah, fungsinya menggerakan kursor sesuai arah panah. Tombol Page Up menggerakkan kursor 1 layar ke atas sedangkan Page Down menggerakkan kursor 1 layar ke bawah. Tombol Home, menggerakkan kursor berpindah ke awal baris, sementara tombol End memindahkan kursor ke akhir baris. Tombol Insert berfungsi untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan fungsi penyisipan kata/kalimat pada posisi kursor sementera tombol Delete berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi kursor.
    Jika dikombinasikan penggunaannya dengan tombol Ctrl, pada beberapa program text editor atau word processor, Ctrl + PageUp berfungsi memindahkan kursor ke awal baris pada paragraf pertama, sementara Ctrl + PageDown kebalikannya, yaitu memindahkan kursor ke akhir baris pada paragraf terakhir tetapi masih di halaman yang sama. Ctrl + Home akan memindahkan kursor ke awal baris pada halaman pertama, sementara Ctrl + End akan memindahkan kursor ke akhir baris pada halaman terakhir.

    4. Tombol Papan Angka (Numeric Keypad)

    Fungsinya untuk mengetikkan angka apabila tombol Num Lock di aktifkan. Apabila tombol Num Lock tidak diaktifkan, fungsinya berubah menjadi tombol-tombol untuk menggerakkan kursor.
    Kini juga sudah ada beberapa jenis keyboard dengan tambahan beberapa tombol khusus untuk sejumlah kemudahan fasilitas. Internet Keyboard misalnya, adalah keyboard biasa dengan tambahan beberapa tombol yang mempunyai fungsinya sebagai short-cut dalam berinternet. LAN-Keyboard , adalah keyboard khusus dengan tambahan beberapa tombol yang mempunyai fungsinya sebagai short-cut dalam suatu jaringan komputer. https://ijaa.wordpress.com/2009/07/07/keyboard/

    2. Keuntungan mengetik dengan 10 jari

       1.tidak cepat lelah
       2.keyboard tidak cepat rusak (berumur panjang)

    3.kerugian tidak mengetik dengan 10 jari

       1. Membuat Kita cepat lelah
       2.     Tidak efektif dan efisien 
       3.      Keyboard bisa cepat rusak (berumur pendek) 

    4. Group Font

    Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:

    1.  Font : untuk memilih jenis huruf 2.  Font Size : untuk mengatur ukuran huruf 
    3.  Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan 
    4.  Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan 
    5.  Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil 
    6.  Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih 
    7.  Bold : untuk menebalkan teks terpilih 
    8.  Italic : untuk memiringkan Teks terpilih 
    9.  Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih 
    10.Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih 
    11.Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan 
    12.Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan 
    16.Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih 
    17.Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih 
    18.Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih. https://sulpa.wordpress.com/2011/08/14/microsoft-
icon-tab-home/

5.Group Paragraph


Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih 
Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih 
Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri 
Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan 
Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin) 
Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab) 
Sort : untuk menyortir data 
Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf 
Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri 
Center : untuk mengatur teks rata tengah 
Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan 
Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri 
Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks 
Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih 
Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih. https://sulpa.wordpress.com/2011/08/14/microsoft-word-2007-fungsi-icon-tab-home 

6. Icon Perintah di Group Page Setup

Menu-menu yang terdapat di group Page Setup disediakan untuk melakukan pengaturan halaman, yakni dalam bidang ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dll. Halaman dokumen dapat diatur sesuai dengan keinginan user, terutama untuk melakukan sinkronisasi dengan jenis dan ukuran kertas yang akan digunakan nantinya. Adapun menu perintah yang terdapat di group Page Setup yaitu : (1) Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks, (6 ) Line Numbers, dan (7) Hypenation.
kata kunci

Marginsdigunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen.
Orientationdigunakan untuk mengatur posisi kertas.
Sizedigunakan untuk mengatur ukuran halaman.
Columnsdigunakan untuk mengatur jumlah kolom teks.
Breaksdigunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks.
Line Numbersdigunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks.
Hypenationdigunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar